"Tak akan Melayu hilang di dunia"

"Tak akan Melayu hilang di dunia"

Wednesday, March 28, 2012

MELAYU JAMBI KEMBALI - PART 1



MELAYU, MALAYU JAMBI


Asal Nama “Jambi”

Jambi’ berasal dari kata ‘Jambe’ dalam bahasa Jawa yang bererti ‘Pinang’. Kemungkinan besar saat Tanah Pilih dijadikan tapak pembangunan kerajaan baru, pepohonan pinang banyak tumbuh disepanjang aliran sungai Batanghari, sehingga nama itu yang dipilih oleh Orang Kayo Hitam.


KESULTANAN MELAYU JAMBI

Di Pulau Sumatera, Provinsi Jambi merupakan bekas wilayah Kesultanan Islam Melayu Jambi (1500-1901). Kesultanan ini memang tidak berhubungan secara langsung dengan 2 kerajaan Hindu-Budha pra-Islam. Sekitar Abad 6 – awal 7 M berdiri KERAJAAN MALAYU (Melayu Tua) terletak di Muara Tembesi (kini masuk wilayah Batanghari, Jambi). Catatan Dinasti Tang mengatakan bahwa awak Abad 7 M. dan lagi pada abad 9 M Jambi mengirim duta/utusan ke Empayar China ( Wang Gungwu 1958;74).



Keris Siginjai

Hubungan Orang Kayo Hitam dengan Tanah Jawa digambarkan dalam cerita orang tuo-tuo yang mengatakan bahwa Orang Kayo Hitam pergi ke Majapahit untuk mengambil Keris bertuah, dan kelak akan menjadikannya sebagai keris pusaka Kesultanan Jambi. Keris itu dinamakan ‘Keris Siginjai’. Keris Siginjai terbuat dari bahan-bahan berupa kayu, emas, besi dan nikel. Keris Siginjai menjadi pusaka yang dimiliki secara turun temurun oleh Kesultanan Jambi. Selama 400 tahun keris Siginjai tidak hanya sekadar lambang mahkota kesultanan Jambi, tapi juga sebagai lambang pemersatu rakyat Jambi.


Further reading:

http://eldyafdina.wordpress.com/2009/02/06/kesultanan-jambi/



2 comments:

  1. Ya benar, keris adalah merupakan lambang kekuasaan pemerintah dan kesatuan rakyat Nusantara dahulu dan sekarang....
    wallahu'alam..

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum, saya dari Malaysia, semoga rakyat Jambi baik baik dan sihat walafiat, saya tertarik dengan kisah Mendam berahi yang di katakan berada berhampiran di suatu muara di kawasan Jambi , apakah benar di lambur atau muarak sabak .... Maaf saya melihat gambar bentuk sebuah rangka kapal yang sedang di korek ..... Jika benar itu kapal Mendam berahi silakan beri kabar berita tentang perkembangan terbaru , maaf saya cuma ingin melihat gambar sahaja , semoga Allah merahmati kalian terutama dalam usaha mengkaji sejarah di tempat kalian ... Sekian t.kasih.

    ReplyDelete

Terima kasih